Faktor Penyebab Kecelakaan Motor

KYT DJ Maru SolidRP 270,000 » KYT DJ Maru SolidRP 270,000 » KYT DJ Maru SolidRP 270,000 » KYT DJ Maru SolidRP 270,000 »

Jakarta sudah semakin akrab dengan kemacetan. Selain macet, jumlah kecelakaan juga terus meningkat jumlahnya. Rata-rata, korban kecelakaan didominasi oleh para pengendara sepeda motor. Dengan bertambahnya pengguna sepeda motor, maka kecelakaan sepeda motor juga sering terjadi. Menurut data dari Media Indonesia korban tewas dalam berbagai kecelakaan lalu lintas selama libur lebaran tahun 2009 mencapai 702 orang, 859 luka berat dan 1697 luka ringan. 71 persen kecelakaan yang terjadi melibatkan sepeda motor. Mengapa kecelakaan banyak menimpa pada pengguna sepeda motor? Ini terjadi karena kurangnya memperhatikan keselamatan dalam berkendaraan atau Safety Riding. Oleh karena itu tanggung jawab utama untuk keselamatan di jalan ada dalam diri Anda sendiri.

Tanpa disadari oleh bikers dan masyarakat umum, kecelakaan bisa menimpa kapan dan dimana saja. Kurangnya kesadaran berkendara masyarakat membuat nyawa hilang sia-sia. Walau club maupun komunitas motor kerap menggalakan kampanye keselamatan berkendara (safety riding), namun kecelakaan terus meningkat jumlahnya. Setiap hari, 89 nyawa hilang sia-sia karena kurangnya kesadaran selama berkendara.  Dari data kecelakaan yang terus membengkak setiap bulannya, 

Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, angka kecelakaan yang meningkat dan hampir terjadi setiap hari karena disebabkan tiga faktor. Penyebab tersebut adalah infrastruktur, kedisiplinan pengendara motor dan mengabaikan safety riding (keselamatan berkendara).

“Tiga hal yang menyebabkan mudahnya kecelakaan terjadi. Tiga faktor yang wajib diwaspadai oleh pengendara motor agar terhindar dari kecelakaan. Jalanan (infrastruktur) di Jakarta tidak semuanya mulus, kadang bergelombang dan berlubang. Selain itu, kedisiplinan dan kurangnya pemahaman tentang safety riding,” paparnya, belum lama ini.
Gunadi menambahkan, selama ini korban kecelakaan merupakan pengguna sepeda motor yang ugal-ugalan dan tidak tertib peraturan. Selain itu mengabaikan keselamatan berkendara dan tidak mengetahui jalanan yang dilewati. 

“Tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI), motor tidak dilengkapi dengan kelengkapan standar dan kerap tidak tertib. Karena itu, kecelakaan sangat mudah terjadi. Karena itu, kami akan menggelar seminar tentang keselamatan berkendara,” tambahnya.  Selain tiga faktor diatas, penyebab kecelakaan adalah menggunakan spare part palsu yang banyak beredar dipasaran seperti kampas rem, tali rem, rantai, shock breaker dan lain-lain.
 

KYT DJ Maru MotifRP 300,000 » KYT DJ Maru solidRP 270,000 »
KYT Skorpion King SolidRP 330,000 » KYT Skorpion King SolidRP 330,000 »

SILAHKAN DI SHARE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Order melalui Whatsapp : 082261282525

Order Melalui BBM : 7EC824AC

Order Melalui SMS : 082261282525